Pages - Menu

Minggu, 18 Juni 2017

Perkenalan Sampai Perpisahan Aji Triono Dengan Brainly Indonesia


Pada bulan Desember 2016, aku mulai mengenal brainly, ketika itu aku sedang browsing soal sekaligus jawaban tentang pelajaran sekolah. Aku pun membuka google, dan mulai aku searching di google. Hingga aku terbawa ke suatu situs belajar yaitu Brainly. Disitulah aku menemukan apa yang aku cari. Dan aku pun penasaran dengan yang siapa memberikan jawaban disitu, langsung aku kunjungi profil brainly nya.

Hal itu membuatku tertarik ikut menjawab soal di brainly, sehingga aku pun membuat akun di brainly dengan username "Sarjino". Setelah itu, mulailah aku menjawab banyak soal dibrainly setiap hari. 

Suatu hari, jawabanku dihapus karena menjawab bersifat komentar, aku langsung cari tahu siapa yang menghapus jawabanku. Aku terbawa di suatu profil user brainly, diprofilnya tertera tulisan "Moderator". Rasa penasaranku bertambah lagi, apa itu moderator?. Aku pun searching digoogle tentang gelar gelar di brainly. Setelah aku tahu apa saja gelar dibrainly, ternyata moderator itu juga salah satu gelar khusus dibrainly. Akupun ingin mendapatkan dan menjadi moderator brainly.

Mulai dari situ, aku semakin rajin menjawab soal dan melaporkan konten spam. Suatu malam, aku mendapatkan pesan dari kak Gra yang isinya tawaran untuk menjadi moderator. Aku pun langsung menerima tawaran jadi moderator tersebut. Dan kak Gra menyuruhku untuk mengisi formulir pendaftaran moderator brainly. Niatku mau ngisi formulirnya besok aja, karena udah malam mau tidur.

Tapi, sayang paginya, aku mendapat peringatan dari moderator brainly. Aku berpikir, sudah tidak ada kemungkinan aku untuk menjadi moderator brainly. Karena kan syarat menjadi moderator brainly harus tidak ada peringatan. Oleh karena itu, aku meninggalkan akunku "Sarjino" dan membuat akun baruku lagi dibrainly.

Pada 29 Desember 2016, pukul 10.00, aku membuat akun baru lagi di brainly dengan username "AjiSarjino11". Seperti awal tujuanku, aku tetap ingin menjadi moderator brainly. Untuk itu aku rajin dalam menjawab soal dan melaporkan spam. Setelah dirasa cukup syarat jadi moderator brainly, aku inisiatif sendiri untuk mendaftar menjadi moderator brainly (tidak ada tawaran jadi moderator brainly). Ku isi formulir pendaftaran moderatos brainly yang di berikan oleh kak Gra.

Setelah mengisi formulir tersebut, aku menunggu kapan aku bisa jadi moderator brainly. Aku pun bertanya ke Mahapatih Brainly (Kak Zuhh) , apakah aku bisa jadi moderator brainly dan kapan aku jadi moderator brainly. Kak Zuhh hanya bilang " belum bisa dek, kamu baru gabung dibrainly. Silakan lebih aktif lagi". Aku menunggu lagi, sembari menjawab soal dibrainly dan melaporkan konten spam.

Tepat hari minggu, 15 januari 2017 aku mendapatkan komen profil dari kak Zuhh dan hari itu aku jadi mod app brainly. Senang sekali rasanya bisa jadi moderator brainly. Aku pun dikenalkan sama mentor yang akan membimbingku yaitu kak Indri. 

Dan selama jadi mod app, aku berusaha untuk bisa moderasi dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Setelah dua minggu jadi mod app, aku bisa ikut jalur pengangkatan moderator tetap. Aku semakin menperbanyak kuantitas moderasi dan meningkatkan kualitas moderasi. Alhasil, setelah dua bulan jadi mod app, aku diijinkan kk Indri untuk mencari rekomendasi guna menjadi moderator tetap brainly. Setelah dapat rekom penuh, aku melaporkan hasil rekom yang didapat ke kk Zuhh. Seperti biasa aku kembali menunggu lagi keputusan kk Zuhh. Satu minggu pun terlewati belum ada kabar dari kk Zuhh. Karena aku gak sabaran, aku pun tanya kak Zuhh "apakah aku tidak pantas untuk jadi moderator tetap brainly, karena aku melihat user lain gak nunggu lama sampai berminggu minggu untuk menjadi moderator tetap brainly".  Kak Zuhh memerintahkan aku agar tetap sabar sedang kami periksa.

Akhirnya, pada 15 Maret 2017 pukul 22.00 aku resmi menjadi moderator brainly setelah setengah bulan menunggu. Tapi, aku mulai gak rajin modersi karena mau fokus UN SMA. Setelah UN SMA, aku kembali aktif dan gabung pansus brainly. Dan diakhir bulan April 2017, aku pun bisa menjadi bhre Andalas (pimpinan grup moderatorku). 

Ditengah bulan Mei 2017, sembari tetap aktif moderasi aku ingin juga dapat gelar Ksatria Brainly. Aku mulai rajin lagi menjawab soal dibrainly sehingga aku dapat gelar Ksatria Brainly. Karena, aku punya banyak soal UN dan SBMPTN, aku ikut dapat rank Gamemaker. 

Di akhir bulan Mei 2017, aku berhasil mempertahankan gelar bhre Andalas dan best active. Di sisi lain, aku juga mulai mikir tentang gelar "BrainlyTeacher". Kenapa aku gak dapat gelar "BrainlyTeacher" tersebut yah ? Aku kan udah lulus SMA ? Pertanyaanku itu terjawab oleh kak Zuhh kurang lebih begini "Kami tahu kok dek, siapa aja yang udah lulus SMA dan silakan introspeksi mungkin ada yang menyebabkan rank itu belum diberikan. Sabar aja dek, yang lain juga bisa sabar kenapa kamu tidak". Akupun tak tahu apa sebab aku belum bisa dapat rank "BrainlyTeacher. Hingga akhirnya sudah tidak ingin dapat rank BrainlyTeacher

Di awal bulan Juni 2017, aku mulai gak bisa moderasi karena waktu yang tak memungkinkan. Dan ditambah lagi orang tuaku selalu marah jika aku tetap bermain brainly (sebenarnya sudah dari dulu sejak aku jadi mod app). Aku mulai sibuk mengurusi ini itulah untuk kuliah. Setelah dipikirkan secara matang bersama orang tua, aku pun memutuskan untuk mengundurkan diri jadi moderator brainly. Sudah gak sanggup gak ada waktu, gak ada kuota (ngabisin kuota banyak) dan mau fokus kuliah aja. Akupun bilang ke kk Zuhh bahwa aku ingin mengundurkan diri. Mungkin ini terlalu cepat tapi inilah keputusanku demi kesuksesanku di dunia nyata.

Di tengah bulan Juni 2017, aku pergi ke yogyakarta untuk melakukan registeasi kuliah di UNY. Setelah kembali dari Yogyakarta, aku buka brainly ternyata aku udah tidak jadi moderator brainly. Mungkin inilah akhir perpisahanku dengan brainly. Terimakasih brainly telah hadir dalam hidupku dan terimakasih kk Zuhh telah memberi kesempatan untuk gabung jadi moderator brainly.Terima kasih para moderator brainly yang sudah membimbingku. Maaf bila banyak kesalahanku dibrainly sering gak sabaran, ngeyel, dll. Maaf juga, selama ini selalu ngemis ngemis dan berharap banyak rank di brainly. 

Semoga kehadiranku dibrainly walaupun hanya sebentar bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Selamat tinggal Brainly....sampai jumpa lagi...

4 komentar:

  1. lha yg akun "Amajingklak" itu bukan punya kak Aji?

    wahh aku juga, dulu jan 2014 gabung brainly buat tanya soal. terus akhir 2016 sedikit aktif, terus ditawarin grace, tapi di akun ku ada warn nya (warn nyasar), akhirnya buat akun baru lagi.
    dan ditawari grace lagi :v

    terus 5 hari mikir buat ngisi form atau engga. terus akhirnya coba-coba aja. terus 2 hari setelahnya diterima.
    aku gapernah mikir sampe jd app yg lama banget, berbulan-bulan :'

    perpisahannya jg kurang lebih sama. mengedepankan dunia nyata, habisin kuota, ortu => karena menguras waktu jg kan yaa

    makasih buat komunitas Brainly :)
    selama jadi mod, banyak belajar berdebat, berargumen, memecahkan masalah :v

    Maaf juga kalau aku ada salah :v

    * Maaf ya numpang cerita disini, ya, kak Aji :D

    BalasHapus
  2. Kak Maulina Okta usernamenya apa ya? Btw,maen smule ngabisin kuota ga sih? Kakakku maen smule ngabisin banyak kuota juga soalnya :'v

    BalasHapus
  3. Wihh :v CHSA :v kakak gak ada salah sih ke aku :'v tapi keknya kakak lupa kita pernah jadi mod satu mentor :'3 sebelum aku ngundurin diri. Btw sukses kuliahnya kak aji

    BalasHapus
  4. mantap kak...
    tapi setelah dibanding2in, sebenrnya ga ada ruginya malah feedback banyak bnget. bisa moderasi sama jawab soal sekalian belajar jga saling bantu. kuncinya ikhlas dan ga nuntut gelar. buat kuota? ya dibanding dipake buat buka2 media sosial atau game ga jelas?

    BalasHapus