Pages - Menu
▼
Sabtu, 22 Juli 2017
Dokumen Penting Sekolah Aji Triono
Berikut ini dokumen sekolah Aji Triono :
1. Ijazah SD Aji Triono
![]() |
Ijazah SD Aji Triono bagian 1 |
![]() |
Ijazah SD Aji Triono bagian 2 |
SKHUN SD Aji Triono
![]() |
SKHUN SD Aji Triono |
2. Ijazah SMP Aji Triono
![]() |
Ijazah SMP Aji Triono |
![]() |
Ijazah SMP Aji Triono bagian 2 |
![]() |
Ijazah SMA Aji Triono bagian 1 |
![]() |
Ijazah SMA Aji Triono bagian 2 |
SKL SMA Aji Triono (Disini)
Minggu, 09 Juli 2017
Biodata dan Foto Terbaru Aji Triono Mahasiswa Baru UNY (Kimia)
![]() |
Aji Triono |
![]() |
Aji Triono dan Herman |
![]() |
Ajj Triono UNY |
![]() |
Aji Triono dan Keluarga |
Nama Lengkap : Aji Triono
Nama Lahir : Sarwo Aji Triono
Nama Panggilan : Aji, Sarwo, Tri, Jindul, Jimben, Koemit
Tempat, tanggal lahir : Purbalingga , 11 November 1999
Jenis Kelamin : Laki laki
Alamat Rumah : Desa Pegandekan Rt 01 / Rw 07 , Kemangkon, Purbalingga
No. Telpon : -
Golongan Darah : A
Agama : Islam
Anak ke : 1
Riwayat Sekolah : 1. SD N 1 PEGANDEKAN
2.SMP N 1 KEMANGKON
3. SMA N 1 PURBALINGGA
Cita cita : Guru
Alamat Email : aji8A.02@gmail.com
Facebook : Aji Triono Majingklak
Twitter : aji_triono11
Instagram : ajisarjino11
Line : aji_triono11
Hobi : Membaca , Menulis , Internetan
Motto Hidup : Bantulah orang lain selagi kita masih bisa membantu
Tokoh Idola : Danang Pradana Dieva
Fakultas : FMIPA
Jurusan/Prodi : Kimia
Universitas = Universitas Negeri Yogyakarta
Jalur Masuk : SNMPTN
Jenjang : S1
Nama Ayah : Alm. Sukardi
Pekerjaan Ayah : -
Penghasilan Ayah : -
Nama Ibu : Suyati
Pekerjaan Ibu : Pedagang Kecil, Serabutan
Penghasilan Ibu : Rp.500.000
Riwayat Penyakit : -
Makanan Favorit : Bakso, Mie Ayam
Warna Favorit : Merah
Minggu, 18 Juni 2017
Perkenalan Sampai Perpisahan Aji Triono Dengan Brainly Indonesia
Pada bulan Desember 2016, aku mulai mengenal brainly, ketika itu aku sedang browsing soal sekaligus jawaban tentang pelajaran sekolah. Aku pun membuka google, dan mulai aku searching di google. Hingga aku terbawa ke suatu situs belajar yaitu Brainly. Disitulah aku menemukan apa yang aku cari. Dan aku pun penasaran dengan yang siapa memberikan jawaban disitu, langsung aku kunjungi profil brainly nya.
Hal itu membuatku tertarik ikut menjawab soal di brainly, sehingga aku pun membuat akun di brainly dengan username "Sarjino". Setelah itu, mulailah aku menjawab banyak soal dibrainly setiap hari.
Suatu hari, jawabanku dihapus karena menjawab bersifat komentar, aku langsung cari tahu siapa yang menghapus jawabanku. Aku terbawa di suatu profil user brainly, diprofilnya tertera tulisan "Moderator". Rasa penasaranku bertambah lagi, apa itu moderator?. Aku pun searching digoogle tentang gelar gelar di brainly. Setelah aku tahu apa saja gelar dibrainly, ternyata moderator itu juga salah satu gelar khusus dibrainly. Akupun ingin mendapatkan dan menjadi moderator brainly.
Mulai dari situ, aku semakin rajin menjawab soal dan melaporkan konten spam. Suatu malam, aku mendapatkan pesan dari kak Gra yang isinya tawaran untuk menjadi moderator. Aku pun langsung menerima tawaran jadi moderator tersebut. Dan kak Gra menyuruhku untuk mengisi formulir pendaftaran moderator brainly. Niatku mau ngisi formulirnya besok aja, karena udah malam mau tidur.
Tapi, sayang paginya, aku mendapat peringatan dari moderator brainly. Aku berpikir, sudah tidak ada kemungkinan aku untuk menjadi moderator brainly. Karena kan syarat menjadi moderator brainly harus tidak ada peringatan. Oleh karena itu, aku meninggalkan akunku "Sarjino" dan membuat akun baruku lagi dibrainly.
Pada 29 Desember 2016, pukul 10.00, aku membuat akun baru lagi di brainly dengan username "AjiSarjino11". Seperti awal tujuanku, aku tetap ingin menjadi moderator brainly. Untuk itu aku rajin dalam menjawab soal dan melaporkan spam. Setelah dirasa cukup syarat jadi moderator brainly, aku inisiatif sendiri untuk mendaftar menjadi moderator brainly (tidak ada tawaran jadi moderator brainly). Ku isi formulir pendaftaran moderatos brainly yang di berikan oleh kak Gra.
Setelah mengisi formulir tersebut, aku menunggu kapan aku bisa jadi moderator brainly. Aku pun bertanya ke Mahapatih Brainly (Kak Zuhh) , apakah aku bisa jadi moderator brainly dan kapan aku jadi moderator brainly. Kak Zuhh hanya bilang " belum bisa dek, kamu baru gabung dibrainly. Silakan lebih aktif lagi". Aku menunggu lagi, sembari menjawab soal dibrainly dan melaporkan konten spam.
Tepat hari minggu, 15 januari 2017 aku mendapatkan komen profil dari kak Zuhh dan hari itu aku jadi mod app brainly. Senang sekali rasanya bisa jadi moderator brainly. Aku pun dikenalkan sama mentor yang akan membimbingku yaitu kak Indri.
Dan selama jadi mod app, aku berusaha untuk bisa moderasi dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Setelah dua minggu jadi mod app, aku bisa ikut jalur pengangkatan moderator tetap. Aku semakin menperbanyak kuantitas moderasi dan meningkatkan kualitas moderasi. Alhasil, setelah dua bulan jadi mod app, aku diijinkan kk Indri untuk mencari rekomendasi guna menjadi moderator tetap brainly. Setelah dapat rekom penuh, aku melaporkan hasil rekom yang didapat ke kk Zuhh. Seperti biasa aku kembali menunggu lagi keputusan kk Zuhh. Satu minggu pun terlewati belum ada kabar dari kk Zuhh. Karena aku gak sabaran, aku pun tanya kak Zuhh "apakah aku tidak pantas untuk jadi moderator tetap brainly, karena aku melihat user lain gak nunggu lama sampai berminggu minggu untuk menjadi moderator tetap brainly". Kak Zuhh memerintahkan aku agar tetap sabar sedang kami periksa.
Akhirnya, pada 15 Maret 2017 pukul 22.00 aku resmi menjadi moderator brainly setelah setengah bulan menunggu. Tapi, aku mulai gak rajin modersi karena mau fokus UN SMA. Setelah UN SMA, aku kembali aktif dan gabung pansus brainly. Dan diakhir bulan April 2017, aku pun bisa menjadi bhre Andalas (pimpinan grup moderatorku).
Ditengah bulan Mei 2017, sembari tetap aktif moderasi aku ingin juga dapat gelar Ksatria Brainly. Aku mulai rajin lagi menjawab soal dibrainly sehingga aku dapat gelar Ksatria Brainly. Karena, aku punya banyak soal UN dan SBMPTN, aku ikut dapat rank Gamemaker.
Di akhir bulan Mei 2017, aku berhasil mempertahankan gelar bhre Andalas dan best active. Di sisi lain, aku juga mulai mikir tentang gelar "BrainlyTeacher". Kenapa aku gak dapat gelar "BrainlyTeacher" tersebut yah ? Aku kan udah lulus SMA ? Pertanyaanku itu terjawab oleh kak Zuhh kurang lebih begini "Kami tahu kok dek, siapa aja yang udah lulus SMA dan silakan introspeksi mungkin ada yang menyebabkan rank itu belum diberikan. Sabar aja dek, yang lain juga bisa sabar kenapa kamu tidak". Akupun tak tahu apa sebab aku belum bisa dapat rank "BrainlyTeacher. Hingga akhirnya sudah tidak ingin dapat rank BrainlyTeacher
Di awal bulan Juni 2017, aku mulai gak bisa moderasi karena waktu yang tak memungkinkan. Dan ditambah lagi orang tuaku selalu marah jika aku tetap bermain brainly (sebenarnya sudah dari dulu sejak aku jadi mod app). Aku mulai sibuk mengurusi ini itulah untuk kuliah. Setelah dipikirkan secara matang bersama orang tua, aku pun memutuskan untuk mengundurkan diri jadi moderator brainly. Sudah gak sanggup gak ada waktu, gak ada kuota (ngabisin kuota banyak) dan mau fokus kuliah aja. Akupun bilang ke kk Zuhh bahwa aku ingin mengundurkan diri. Mungkin ini terlalu cepat tapi inilah keputusanku demi kesuksesanku di dunia nyata.
Di tengah bulan Juni 2017, aku pergi ke yogyakarta untuk melakukan registeasi kuliah di UNY. Setelah kembali dari Yogyakarta, aku buka brainly ternyata aku udah tidak jadi moderator brainly. Mungkin inilah akhir perpisahanku dengan brainly. Terimakasih brainly telah hadir dalam hidupku dan terimakasih kk Zuhh telah memberi kesempatan untuk gabung jadi moderator brainly.Terima kasih para moderator brainly yang sudah membimbingku. Maaf bila banyak kesalahanku dibrainly sering gak sabaran, ngeyel, dll. Maaf juga, selama ini selalu ngemis ngemis dan berharap banyak rank di brainly.
Semoga kehadiranku dibrainly walaupun hanya sebentar bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Selamat tinggal Brainly....sampai jumpa lagi...
Sabtu, 27 Mei 2017
Profil Biodata Aji Triono dan Foto Terbaru Aji Triono Sewaktu Di Blora
Aji Triono atau lebih akrab dipanggil
Aji lahir di Purbalingga, 11 November 1999 adalah seorang anak laki-laki dari pasangan suami istri Alm Sukardi dan Suyati. Aji Triono mempunyai seorang adik laki-laki yang super duper cengeng dan cerewet bernama Ana Triani, kini dia sekolah di SD. Alamat rumah Aji Triono berada di Desa Pegandekan RT 01/RW 07, Kemangkon, Purbalingga.
Aji Triono memulai jenjang pendidikaannya di Roudhlotuth Athfal Diponegoro Pegandekan. Enam tahun berikutnya ia bersekolah di SD N 1 Pegandekan. Ia merupakan alumni SMP N 1 Kemangkon dan melanjutkan ke SMA N 1 Purbalingga. Di masa sekolahnya Aji pernah beberapa kali mengikuti lomba-lomba antara lain lomba catur, LCC Agama tapu semua hampir mendekati 3 besar. Aji Triono memiliki hobi membaca dan internetan.
Berikut biodata Aji Triono :
Aji lahir di Purbalingga, 11 November 1999 adalah seorang anak laki-laki dari pasangan suami istri Alm Sukardi dan Suyati. Aji Triono mempunyai seorang adik laki-laki yang super duper cengeng dan cerewet bernama Ana Triani, kini dia sekolah di SD. Alamat rumah Aji Triono berada di Desa Pegandekan RT 01/RW 07, Kemangkon, Purbalingga.
Aji Triono memulai jenjang pendidikaannya di Roudhlotuth Athfal Diponegoro Pegandekan. Enam tahun berikutnya ia bersekolah di SD N 1 Pegandekan. Ia merupakan alumni SMP N 1 Kemangkon dan melanjutkan ke SMA N 1 Purbalingga. Di masa sekolahnya Aji pernah beberapa kali mengikuti lomba-lomba antara lain lomba catur, LCC Agama tapu semua hampir mendekati 3 besar. Aji Triono memiliki hobi membaca dan internetan.
Berikut biodata Aji Triono :
Nama : Aji Triono
TTL : Purbalingga, 11 November 1999
Alamat :DESA PEGANDEKAN RT 01/RW 07
Riwayat Sekolah : 1. SD N 1 PEGANDEKAN
2.SMP N 1 KEMANGKON
3. SMA N 1 PURBALINGGA
Nama Orang Tua : Alm.Sukardi (Ayah)
Suyati (Ibu)
Cita-Cita : Guru
Email : ajitriono90@yahoo.com
Facebook : Aji Triono Majingklak
Twitter :@amajingklak
Hobby : Internetan, Membaca
Tokoh Idola : Alm. Olga Syahputra
Warna Favorit : Merah
Makanan Favorit : BaksoBakso
Berikut foto Aji Triono di Blora :
![]() |
Aji Triono wajah agak cemburut |
![]() |
Aji Triono dengan senyuman manis |
![]() |
Aji Triono |
![]() |
Aji Triono Baju Hitam |
![]() |
Aji Triono dan Ibunya |
![]() |
Aji Triono |
![]() |
Aji Triono tampan pakai baju hitam |
![]() |
Aji Triono dan keluarganya |
![]() |
Aji Triono |
Pengalaman Aji Triono lolos SNMPTN 2017
Halo, semua apa kanarnya nih...? Kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya ndaftar dan lolos SNMPTN. Oke langsung aja dah..
Sebenarnya guru BK di sekolahku udh banyak menginformasikan terkait jalur masuk PTN kpd semua siswa kelas XII. Aku adalah salah satu siswa kelas XII MIPA 2. Semua siswa rata rata sudah memikirkan dengan matang ttg kelanjutannya bersekolah. Tapi, lain halnya dengan aku. Aku udh optimis gk bisa sekolah lagi, karena kendala ekonomi juga gk terlalu pintar.
Suatu hari, diberitahukan siswa 50% yang ikut daftar snmptn, aku adalah salah satunya. Waktupun terus berlalu, kini tibalah ndaftar snmptn. Pada waktu itu, aku benar benar gak ada pikiran dan pilihan buat ndaftar snmptn dimana. Alhasil, akupun hanya asal milih jurusan dan PTN yaitu Kimia Murni di UNY.Memang sih cuma nilai kimia yang grafiknya naik terus makanya aku milih itu. Disaat ndaftar snmptn, aku juga salah masukin no.peserta ujian nasional. Maka pupuslah harapanku lolos snmptn, itu hal yang mustahi, orang ada data yang salah. Bersamaan dengan daftar snmptn, akupun ikut daftar bidikmisi dengan rekomendasi sekolah. Segala datapun aku isi walaupun ada beberapa kesalahan.
Hingga tibalah waktunya pengumuman hasil SNMPTN 2017, pada 26 April 2017 pukul 14.00 aku pun gk berani melihatnya, karena udah pastilah aku gk akan lolos snmptn. Tapi, ibuku tetap menyuruhku untuk membukanya. Akupun mengikuti apa kata ibuku. Dan bagai disambar petir disiang hari, aku kaget setengah mati, apakah ini kenyataan apa aku sedang mimpi? Aku membuka akun snmptnku dan ada tulisan warna hijau berbunyi "Selamat anda dinyatakan lulus SNMPTN 2017", kira kira tampilannya seperti ini :
Akupun seakan tidak percaya lolos SNMPTN, padahal aku salah memasukan no. peserta ujian nasionalku. Tapi aku masih bisa lolos snmptn. Terima kasih Tuhan, Engkaulah penentu segalanya. Banyak temenku langsung, mengucapkan selamat padaku. Alhamdulillah, itu kata syukurku padamu Tuhan. Yang awalnya gak mungkin jadi mungkin. Padahal aku juga gk pinter banget, malah yang lebig pinter dariku gak lolos snmptn. Ibuku bilang "Itu semua kehendak Tuhan nak, kamu ini memang selalu Bejo". Jadi, aku simpulkan bahwa SNMPTN itu bukan hanya pinter saja, tetapi keberuntunganpun bisa lolos SNMPTN.
Udahlah cukup sekian ceritaku ttg snmptnku, semoga diberi kelancaran dan kemudahan kedepannya untuk melanjutkan kuliah. Ammiinn
Sampai jumpa semua
Sebenarnya guru BK di sekolahku udh banyak menginformasikan terkait jalur masuk PTN kpd semua siswa kelas XII. Aku adalah salah satu siswa kelas XII MIPA 2. Semua siswa rata rata sudah memikirkan dengan matang ttg kelanjutannya bersekolah. Tapi, lain halnya dengan aku. Aku udh optimis gk bisa sekolah lagi, karena kendala ekonomi juga gk terlalu pintar.
Suatu hari, diberitahukan siswa 50% yang ikut daftar snmptn, aku adalah salah satunya. Waktupun terus berlalu, kini tibalah ndaftar snmptn. Pada waktu itu, aku benar benar gak ada pikiran dan pilihan buat ndaftar snmptn dimana. Alhasil, akupun hanya asal milih jurusan dan PTN yaitu Kimia Murni di UNY.Memang sih cuma nilai kimia yang grafiknya naik terus makanya aku milih itu. Disaat ndaftar snmptn, aku juga salah masukin no.peserta ujian nasional. Maka pupuslah harapanku lolos snmptn, itu hal yang mustahi, orang ada data yang salah. Bersamaan dengan daftar snmptn, akupun ikut daftar bidikmisi dengan rekomendasi sekolah. Segala datapun aku isi walaupun ada beberapa kesalahan.
Hingga tibalah waktunya pengumuman hasil SNMPTN 2017, pada 26 April 2017 pukul 14.00 aku pun gk berani melihatnya, karena udah pastilah aku gk akan lolos snmptn. Tapi, ibuku tetap menyuruhku untuk membukanya. Akupun mengikuti apa kata ibuku. Dan bagai disambar petir disiang hari, aku kaget setengah mati, apakah ini kenyataan apa aku sedang mimpi? Aku membuka akun snmptnku dan ada tulisan warna hijau berbunyi "Selamat anda dinyatakan lulus SNMPTN 2017", kira kira tampilannya seperti ini :
![]() |
Aji Triono lolos SNMPTN 2017 |
Akupun seakan tidak percaya lolos SNMPTN, padahal aku salah memasukan no. peserta ujian nasionalku. Tapi aku masih bisa lolos snmptn. Terima kasih Tuhan, Engkaulah penentu segalanya. Banyak temenku langsung, mengucapkan selamat padaku. Alhamdulillah, itu kata syukurku padamu Tuhan. Yang awalnya gak mungkin jadi mungkin. Padahal aku juga gk pinter banget, malah yang lebig pinter dariku gak lolos snmptn. Ibuku bilang "Itu semua kehendak Tuhan nak, kamu ini memang selalu Bejo". Jadi, aku simpulkan bahwa SNMPTN itu bukan hanya pinter saja, tetapi keberuntunganpun bisa lolos SNMPTN.
Udahlah cukup sekian ceritaku ttg snmptnku, semoga diberi kelancaran dan kemudahan kedepannya untuk melanjutkan kuliah. Ammiinn
Sampai jumpa semua
Jumat, 03 Maret 2017
Rabu, 22 Februari 2017
Tempat Pensil Dari Bambu Bekas by Aji Triono
Tempat Pensil Dari Bambu Bekas
· Persiapan
Produksi
A. Menentukan
Bahan Dan Fungsi Kerajinan
Bahan
yang digunakan adalah bahan limbah yang jumlahnya melimpah dilingkungan sekitar,
yaitu limbah bambu bekas. Dan fungsi kerajinan lebih mengutamakan segi kegunaan tetapi tetap memperhatikan
segi keindahan.
B. Menentukukan
Ide Produk
1. Riset
Bahan Limbah
Di
lingkungan sekitar rumah saya paling banyak adalah potongan bamboo bekas, sisa
pembuatan pagar, tempat jemuran, dll.. Oleh sebab itu, saya memilih bambu bekas
sebagai bahan utama pembuatan produk kerajinan bahan limbah saya. Bambu bekas
ini bias didapatkan secara gratis. Sebenarnya saya
ingin menggunakan bahan kayu bekassebagai bahan utama pembuatan kerajinan,tapi
sayangnya sulit sekali ditemukan kayu bekas dilingkungan sekitar saya. Maka
dari itu, saya lebih memilih bahan bambu bekas sebagai bahan utama kerajinan
saya.
2. Menentukan
calon pembeli dan selera pembeli
Berawal
dari pengamatan saya dilingkungan sekiar rumah saya, banyak terdapat anak sekolah yang membutuhkan alat alat sekolah. Dari situlah saya berpikir
agar anak sekolah tersebut bisa mendapatkan alat alat sekolah tanpa
mengeluarkan biaya terlalu banyak. Oleh karena itu, saya yakin produk kerajinan yang saya buat ini bisa bermanfaat
bagi anak sekolah dilingkungan sekitar saya. Merekalah yang akan menjadi target
calon pembeli produk saya, khususnya anak sekolah yang masih SD.
3. Mengenali
Tempat Produk
Produk
kerajinan yang saya buat cocok ditempatkan dikamar anak sekolah, khususnya
dimeja belajar. Karena, produk ini juga bisa menambah keindahan kamar anak
sekolah.
C. Membuat
Rancangan Desain Produk
Awalnya
saya membuat rancangan desain produk dengan bahan limbah bambu dan kayu bekas. Tapi, kemudian saya
akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan bahan
kayu bekas dan hanya menggunakan bahan bambu bekas. Desain produk awal yang
akan dibuat lebih ke arah fungsi peralatan rumah tangga. Kemudian, saya membuat
rancangan desain produk baru lagi dengan lebih ke arah fungsi keperluan belajar
bagi anak sekolah. Hal itu disebabkan karena, bahan baku (kayu bekas) sulit
didapatkan, dan bahan perekat produk juga tidak ada.
D. Menyiapkan
Alat dan Bahan
A. Bahan-Bahan :
1) Bahan Utama
a) Bambu Bekas (Diameter cukup besar)
b) Kain Flanel (3 Warna Berbeda)
2) Bahan Pendukung
a) Sabun Pembersih
b) Pelepah pisang
c) Daun pisang kering
d) Kacang hijau (sedikit)
e). Plastik Kado
f).
Pita Hias
B. Alat-Alat :
1) Gunting
2) Lem Tembak
3) Gergaji
· Proses
Produksi Tempat Pensil Dari Bambu Bekas
A. Nama
Produk : Tempat Pensil Dari Bambu Bekas
B. Cara
Membuat :
1) Tahapan
Produksi
a. Pembahanan
1. Siapkan
bahan-bahan dan alat-alat yang akan digunakan.
2. Membersihkan bambu dengan sabun pembersih sampai bersih.
b. Pembentukan
1. Menggergaji bambu bekas agar tidak terlalu tinggi, supaya
pensil tetap terlihat. Tinggi sekitar 10 – 15 cm.
2 Menggunting
kain flanel dengan panjang tidak ditentukan dan lebar 3 cm.
3. Menggulung
pelepah pisang seperti tali membentuk lingkaran utk
bagian mata.
4. Membuat hiasan dari kain flanel
c. Perakitan
1. Membungkus bambu yang telah
digergaji dengan kain flanel sebagai dasar dan rekatkan dengan lem tembak
2. Melapisi bagian atas dan bawah bambu dengan kain flanel
(panjang tidak ditentukan dan lebar 3 cm) dan rekatkan dengan lem tembak
3. Menempelkan pelepah pisang yang telah digulung sebagai
bagian mata dengan lem tembak.
4. Menempelkan
kacang hijau diatas daun pisang kering kemudian temple dibambu untuk bagian hidung dan mulut
d. Finishing
1. Menempelkan hiasan lain dari kain flanel sisa dengan lem tembak
2. Membersihkan sisa lem tembak di produk
3. Menempelkan brand produk.
2) Tahap Mengemas Produk
1. Membuat plastik kado menyerupai bentuk produk
2. Memasukkan produk ke dalam
plastik kado
3. Mengikat bagian
atas menggunakan pita hias
· Pemasaran
Produk
Produk
akan dipasarkan kepada konsumen yaitu, anak-anak
sekolah usia 6-11 tahun (masih SD) untuk
menunjang kegiatan belajar .Dalam pemasaran produk ini, digunakan media promosi
yaitu handphone (sosial media dan sms). Untuk pemasaran produk memerlukan waktu
sekitar 3-5 hari.
· Analisis
Biaya Produksi
Nama
Produk : Tempat
Pensil Dari Bambu Bekas
Waktu Produksi :
3 Minggu
Jumlah
Produk : 25 Produk
NO
|
Keperluan/Kebutuhan
Produksi
|
Jumlah
|
Harga Satuan/Kg
(Rp.)
|
Biaya (Rp.)
|
|
Bahan Baku
|
|||||
1.
|
Bambu Bekas
|
25 buah
|
1.000
|
25.000
|
|
2.
|
Kain Flanel
|
75 buah
|
1.000
|
75.000
|
|
3.
|
Sabun Pembersih
|
25 buah
|
1.000
|
25.000
|
|
4.
|
Pelepah Pisang
|
2 buah
|
1.000
|
2.000
|
|
5.
|
Daun Pisang Kering
|
2 buah
|
1.000
|
2.000
|
|
6.
|
Kacang Hijau
|
¼ Kg
|
16.000
|
4.000
|
|
7.
|
Plastik Kado
|
25 buah
|
1.000
|
25.000
|
|
8.
|
Lem Tembak
|
25 buah
|
1.000
|
25.000
|
|
Tenaga Kerja
|
|||||
9.
|
Pengrajin/Pribadi
|
1 orang
|
10.000
|
10.000
|
|
Overhead
|
|||||
10.
|
Biaya Promosi
|
10 kali
|
200
|
2000
|
|
Total
Biaya Produksi
|
195.000
|
||||
BEP
Harga = Total Biaya : Total Produksi
=
195.000 : 25 = Rp. 7.800
BEP
Produk = Total Biaya : Harga Penjualan
= 195.000 : 7.800 = 25 Produk
· Analisis
SWOT Tempat Pensil Dari Bambu Bekas
A. Kekuatan
(Strenght)
1. Bahan
limbah mudah ditemukan
2. Menghemat
biaya dan waktu produksi, karena dalam proses produksi tidak memakan banyak
biaya (biaya sedikit) dan tidak begitu rumit dalam membuat produk.
3. Produk
mudah dibawa kemana mana
4. Produk tidak mudah hancur karena bahan utamanya kuat
5. Warna produk menarik karena terdapat
beberapa warna bervariasi
6. Hiasan produk unik dan menarik.
B. Kelemahan
(Weakness)
1. Hiasan produk mungkin bisa lepas karena perekat kurang
kuat
2. Pengemasan
kurang rapi
3. Penghiasan produk kurang rapi
4. Kemasan mungkin bisa sobek karena produknya sangat kuat
C. Peluang
(Opportunity)
1. Konsumen
(anak-anak sekolah) sangat
menyukai dan membutuhkan produk.
2. Lebih
cepat terjual karena harganya yang bersaudara tetapi tidak kalah kualitas.
D. Ancaman
Dari Luar (Treath)
1. Produk
dengan bahan serupa yang memiliki nilai hias dan pakai menjadi pesaing.
· Catatan
Pribadi Pembuatan Tempat Pensil Dari Bambu Bekas
NO
|
Nama Kegiatan
|
Keterangan
|
Bulan
|
||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
||||||||||||
1.
|
Menentukan Ide
|
a.Mengamati kebutuhan dilingkungan sekitar.
b.Mencari referensi
di internet.
c.Melakukan survey bahan limbah yang
melimpah di lingkungan sekitar
|
X
|
||||||||||||||
2.
|
Membuat Rancangan Desain Produk
|
a.Mencari referensi di internet.
b.Bertanya pada teman untuk meminta
saran.
c.Ganti desain produk karena bahan
limbah (kayu bekas) sulit didapatkan, tidak ada bahan perekat yang kuat
|
X
|
X
|
|||||||||||||
3.
|
Mencari dan Mengumpulkan Alat dan
Bahan
|
a.Berkeliling ke rumah tetangga untuk
mencari dan mengumpulkan alat dan bahan
|
X
|
||||||||||||||
4.
|
Melakukan proses produksi (Pembahanan
dan Pembentukan)
|
a.Membersihkan
bambu dengan sabun pembersih
b.Menggergaji
bambu, menggunting kain flanel, menggulung pelepah pisang, dan membuat hiasan
produk
|
X
|
||||||||||||||
5.
|
Melakukan Proses Produksi (Perakitan
dan Finishing)
|
a.Membungkus dan menempel
bambu bekas dengan kain flanel, menempel pelepah piang dan hiasan kacang
hijau
b.Menempelkan
hiasan lainproduk, membersihkan sisa lem tembak pada produk, menempel brand
produk
|
X
|
||||||||||||||
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Mengemas Produk
|
a.Memasukkan produk ke dalam plastik kado yang telah
dibentuk, mengikat dengan pita hias
|
X
|
|
||||||||||||||
8.
|
Pemasaran Produk
|
a.Sasaran konsumen adalah anak-anak sekolah
mengunakan media handphone (sosial media dan sms).
|
X
|
||||||||||||||